Apa yang dimaksud Notoire Feiten Notorious menurut Hukum

gambar

Pasal 184 ayat (2) KUHAP menjelaskan pengertian dari Notoire Feiten Notorious, yang berbunyi sebagai berikut: “Hal yang secara umum sudah diketahui tidak perlu dibuktikan”. Namun Penjelasan Pasal 184 ayat (2) KUHAP tidak menjelaskan secara rinci mengenai apa yang dimaksud dengan “hal yang secara umum sudah diketahui tidak perlu dibuktikan”.

Lanjutkan Membaca...

Gugatan Cerai Isteri Kepada Suami Di Pengadilan Agama

gambar

Pengadilan Agama merupakan instansi yang berwenang untuk memeriksa dan mengadili Perkara Cerai bagi perkawinan yang dilakukan menurut Agama Islam yang diakui sah oleh hukum negara Indonesia. Ciri yang menonjol bahwa perkawinan dilakukan secara Agama Islam dan sah secara hukum negara Indonesia adalah adanya Buku Nikah yang dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama (“KUA”). Sehingga semua perkawinan warga negara indonesia yang beragama Islam, apabila akan melakukan perceraian harus diajukan di Pengadilan Agama setempat

Lanjutkan Membaca...

DAPATKAH PERJANJIAN INVESTASI DIBATALKAN?

gambar

Suatu Perjanjian dapat dikatakan sah apabila telah memenuhi syarat-syarat sah suatu perjanjian sebagaimana diatur dalam Pasal 1320 Kitab Undang – Undang Hukum Perdata (“KUH Perdata”) yaitu: 1. Kesepakatan mereka yang mengikatkan dirinya; 2. Kecakapan untuk membuat suatu perikatan; 3. Suatu hal tertentu; 4. Suatu sebab yang halal.

Lanjutkan Membaca...

Hukuman bagi Saksi yang menolak untuk memberikan keterangan untuk penyidikan.

gambar

Saksi menurut Pasal 1 angka 26 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHAP”) adalah orang yang dapat memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan, penuntutan dan peradilan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri.

Lanjutkan Membaca...

JUAL BELI MENURUT KUHPerdata

gambar

Jual beli di definisikan dalam Pasal 1457 KUH Perdata sebagai berikut: "Jual beli adalah suatu persetujuan dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan suatu barang, dan pihak yang lain untuk membayar harga yang dijanjikan."

Lanjutkan Membaca...

PERBEDAAN ANTARA MODAL DASAR, MODAL DITEMPATKAN, MODAL DISETOR PENUH

gambar

Modal Dasar, Modal Ditempatkan, dan Modal Disetor Penuh merupakan istilah dapat dijumpai pada Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 (“UUPT”) dibawah ini:

a.Pasal 31 ayat 1: "Modal dasar Perseroan terdiri atas seluruh nilai nominal saham."

b.Pasal 32 ayat 1: "Modal dasar Perseroan paling sedikit Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah)."

c.Pasal 33 ayat 1: "Paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) dari modal dasar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 32 harus ditempatkan dan disetor penuh."

Lanjutkan Membaca...

PERTANYAAN UMUM TERKAIT HAK CIPTA

Apakah Hak Cipta itu?Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lanjutkan Membaca...

PERTANYAAN UMUM TERKAIT MEREK

gambar

Apakah Desain Industri itu?Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

Lanjutkan Membaca...

PROSEDUR PERKARA PERDATA DI PENGADILAN

gambar

Sengketa dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Sengketa dapat terjadi antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok, antara kelompok dengan kelompok, antara perusahaan dengan perusahaan, antara perusahaan dengan negara, antara negara satu dengan negara lainnya. Dengan kata lain, sengketa dapat bersifat publik maupun keperdataan dan dapat terjadi baik dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.

Lanjutkan Membaca...

Prosedur Perubahan CV Jika Ingin Mengubahnya Menjadi PT?

gambar

Perbedaan yang paling mendasar antara Persekutuan Komanditer / Commanditaire Vennootschap (“CV”) dengan Perseroan Terbatas (“PT”) adalah pada status badan hukumnya. CV merupakan persekutuan yang tidak berbadan hukum dan tanggung jawab dari para sekutu pengurus adalah sampai kepada harta pribadinya. Berbeda dengan PT yang merupakan perseoran berbadan hukum dan tanggung jawabnya terbatas.

Lanjutkan Membaca...

PUTUSNYA PERKAWINAN MENURUT PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

gambar

Putusnya perkawinan diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan (“UU Perkawinan”) pada Pasal 38 yang berbunyi,a Perkawinan dapat putus karena sebagai berikut:
a. Kematian,
b. Perceraian dan
c. atas keputusan Pengadilan.

Lanjutkan Membaca...