HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

KREATIFITAS merupakan jantung dari setiap keberhasilan dalam menghadapi tantangan yang baru. Tetapi dalam membuka peluang baru, kreatifitas juga mampu menciptakan suatu dilema hukum yang baru.  Kekayaan intelektual mesti dilindungi, sehingga Klien dapat mengeksploitasikannya secara komersil. DENNY LATIEF & PARTNERS menggunakan cara sendiri berupa pemikiran kreatif untuk menemukan solusi praktis terhadap permasalahan yang baru.

Penegakan Hukum dibidang Hak Atas Kekayaan Intelektual (“HAKI”) meliputi Hak atas Merek (trademark), termasuk didalamnya perlindungan terhadap merek terkenal (well-known Trademark), Cipta (Copyright), Paten (Patent), Desain Industri (Industrial Design), Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (Integrated Circuits), Rahasia Dagang (Trade Secret), Varietas Tanaman, dan hak-hak yang terkait dengan Kekayaan Intelektual lainnya, seperti Lisensi (Licences) , Transfer Tekhnologi (Transfer of Technology), Cakram Optik (Optical Disc), Program Komputer, Produser, Komposer, dan lain-lain.

Jasa Konsultan yang dapat kita berikan adalah:

  • Memberikan konsultasi mengenai perlindungan hukum HAKI sebagaimana tersebut diatas.
  • Memberikan Jasa Konsultan HAKI untuk melakukan pendaftaran terhadap Merek, Cipta, Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, Paten Biasa dan Paten Sederhana ke Dirjen Hak Atas Kekayaan Intelektual di Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia RI.
  • Memberikan jasa pemeliharaan terhadap pendaftaran hak-hak tersebut diatas, termasuk didalamnya melakukan perpanjangan izin-izin dan mengawasi pendaftaran dari pihak lain terhadap hak  yang sama pada Dirjen Hak Atas Kekayaan Intelektual di Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia RI.
  • Mendaftarkan merek-merek terkenal (well-known Trademark) serta menjaga dan memberikan kepastian hukum terhadap pendaftaran merek terkenal tersebut.
  • Membuat (drafting) dan mendaftarkan Lisensi-lisensi terhadap hak-hak tersebut diatas, baik terhadap produk luar negeri (Investor) yang akan menggunakan dan melakukan bisnis dengan haknya tersebut.
  • Memberikan jasa Litigasi yaitu melakukan pembelaan hukum atas upaya-upaya pihak ketiga yang beritikad tidak baik dengan membajak, meniru, memperbanyak, dan atau memakai hak-hak tersebut diatas tanpa izin Pemegang Hak. Pembelaan dan upaya hukum dapat dilakukan melalui Pengadilan Niaga, Arbitrase dan ataupun dengan cara Mediasi.

HAKI meliputi Hak atas Merek (trademark) yang termasuk didalamnya :

Hak atas Merek

Merek merupakan bagian dari kegiatan perekonomian/dunia usaha,  dimana penyelesaian sengketa merek memerlukan badan Peradilan khusus yaitu Pengadilan Niaga, sehingga diharapkan sengketa merek dapat diselesaikan dalam waktu relatif singkat.

Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.

Hak Cipta (Copyright)

Hak Cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu,  dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan.

Hasil ciptaan atau seorang pencipta biasanya mengumumkan ciptaannya. Yang dikatakan perbanyakan ciptaan adalah penambahan jumlah suatu ciptaan baik secara keseluruhan maupun bagian yang sangat substansil, dengan menggunakan bahan-bahan yang sama ataupun tidak sama, termasuk pengalihan wujud secara permanen. Sedangkan pengumuman adalah pembacaan, penyiaran, pameran, penjualan, pengedaran atau penyebaran atau ciptaan dengan menggunakan alat apapun, termasuk media internet, atau melakukan dengan cara apapun sehingga suatu ciptaan dapat dibaca, didengar, atau dilihat oleh orang lain.

Perlindungan suatu ciptaan timbul secara otomotis sejak ciptaan itu diwujudkan dalam bentuk yang nyata, pendaftaran ciptaan tidak merupakan suatu kewajiban untuk mendapatkan hak cipta, namun pencipta atau pemegang hak cipta yang mendaftarkan ciptaannya akan mendapat surat pendaftaran ciptaan yang dapat dijadikan sebagai alat bukti awal di Pengadilan, apabila terjadi sengketa di kemudian hari.

Hak Paten (Patent)

Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada Investor atas hasil invensinya di bidang Tekhnologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Desain Industri (Industrial Design)

Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau gabungan dari padanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi, yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan  dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan.

Hak Desain Industri adalah hak ekslusif yang diberikan oleh Negara Republik Indonesia kepada pendesain atas hasil kreasinya, untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri, atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakan hak tersebut.      

Rahasia Dagang (Trade Secret)

Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum dibidang Tekhnologi dan/atau bisnis, mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha dan dijaga kerahasiannya oleh pemilik Rahasia Dagang.

Ruang lingkup Rahasia Dagang tersebut antara lain metode produksi, metode pengolahan, metode penjualan atau informasi lain di bidang Tekhnologi lain dan/atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi oleh masyarakat umum.

Cakram Optik (Optical Disc)

Cakram Optik adalah segala macam media rekam berbentuk cakram yang dapat diisi atau berisi data informasi berupa suara, musik, film atau data lainnya yang dapat dibaca dengan mekanisme Tekhnologi pemindaian (scanning) secara optik menggunakan sumber sinar yang insensitasnya tinggi seperti laser.

error: Content is protected !!
Hubungi Kami