KURATOR DAN PENGURUS

Kurator adalah Balai Harta Peninggalan maupun orang atau persekutuan perdata yang memiliki keahlian khusus, yang terdaftar di Departemen Kehakiman RI dan memperoleh Sertifikat Kurator dan Pengurus dari Menteri Kehakiman RI.

Penunjukan sebagai Kurator didasarkan pada Putusan Pengadilan yang berisi pernyataan Pailit dengan segala akibat hukumnya, dimana tugasnya adalah  untuk melakukan pengurusan dan pemberesan Harta Pailit dalam rangka pengembalian utang para Kreditor.

Kurator dalam menjalankan tugas kepengurusannya terhadap Harta Pailit,  bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaiannya yang menyebabkan kerugian terhadap Harta Pailit dan segala tindakannya yang berkaitan dengan pengurusan dan pemberesan Harta Pailit, dimana secara berkala Kurator harus menyampaikan laporan kepada Hakim Pengawas.

Setelah dinyatakan Pailit, Debitor Pailit menurut hukum sudah tidak memiliki kemampuan  untuk mengelola harta kekayaannya, sehingga di tunjuklah seorang Kurator untuk mengelola, mengurus dan melakukan pemberesan terhadap Harta Pailit tersebut.

Kurator, sejak ditunjuk berdasarkan Putusan Pengadilan, berupaya mengamankan Budel Pailit, sehingga nantinya dapat dilaksanakan pemberesan dan pelunasan terhadap tagihan Kreditur yang telah diakui dan dicocokkan kepada Kurator. 

Penyelesaian pemberesan atas Harta Pailit merupakan salah satu acara dalam Kepailitan, yang melibatkan Kurator dan Pengurus yang bertugas untuk melakukan pengurusan dan atau pemberesan Harta Pailit. Pelaksanaan tugas Kurator/Pengurus ini harus dilakukan oleh seorang yang professional dan mengerti segala seluk beluk dan mekanisme yang diatur dalam Undang-undang.

“DENNY LATIEF & PARTNERS” sebagai pemegang Sertifikat Kurator dan Pengurus dari Menteri Kehakiman RI, bekerja secara professional dan berpegang teguh pada kehati-hatian, karena disadari betul bahwa Kurator & Pengurus bertanggung jawab terhadap kesalahan dan kelalaian dalam menjalankan tugas pengurusan dan atau pemberesan yang menyebabkan kerugian terhadap Harta Pailit.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Hubungi Kami
%d blogger menyukai ini: