PERADILAN TERHADAP KONSUMEN

Image result for peradilan terhadap konsumen

Pembangunan dan perkembangan perekonomian umumnya dan khususnya di bidang Perindustrian dan Perdagangan nasional, telah menghasilkan berbagai variasi barang dan/atau jasa yang dapat dikonsumsi. Di samping itu, globalisasi dan perdagangan bebas yang didukung oleh kemajuan teknologi telekomunikasi dan informatika telah memperluas ruang gerak arus transaksi barang dan/atau jasa melintasi batas-batas wilayah suatu negara, sehingga barang dan/atau jasa yang ditawarkan bervariasi baik produksi dalam negeri maupun produksi luar negeri.

Kondisi yang demikian pada satu pihak mempunyai manfaat bagi Konsumen,  karena kebutuhan Konsumen akan barang dan/atau jasa yang diinginkan dapat terpenuhi serta semakin terbuka lebar kebebasan untuk memilih aneka jenis dan kualitas barang dan/atau jasa sesuai, dengan keinginan dan kemampuan Konsumen.

Di sisi lain, kondisi dan fenomena tersebut di atas dapat mengakibatkan kedudukan Pelaku Usaha dan Konsumen menjadi tidak seimbang dan Konsumen berada pada posisi yang lemah. Konsumen menjadi objek aktivitas bisnis untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya oleh Pelaku Usaha melalui kiat promosi, cara penjualan, serta penerapan Perjanjian standar yang merugikan Konsumen.

Faktor utama yang menjadi kelemahan Konsumen adalah tingkat kesadaran Konsumen akan haknya masih rendah. Hal ini terutama disebabkan oleh rendahnya pendidikan Konsumen. Oleh karena itu, perlindungan Konsumen dimaksudkan menjadi  perlindungan dan pemberdayaan Konsumen melalui pembinaan dan pendidikan Konsumen.

Pelaku Usaha yang  berdasarkan  prinsip ekonomi bertujuan untuk mendapat keuntungan yang semaksimal mungkin dengan modal seminimal mungkin. Prinsip ini sangat potensial merugikan kepentingan Konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Atas dasar kondisi sebagaimana dipaparkan di atas, perlu upaya pemberdayaan Konsumen dan melindungi hak-hak Konsumen secara integratif dan komprehensif serta dapat diterapkan secara efektif di masyarakat.

Piranti hukum yang melindungi Konsumen, dapat mendorong iklim berusaha yang sehat yang mendorong lahirnya Perusahaan yang tangguh dalam menghadapi persaingan, melalui penyediaan barang dan/atau jasa yang berkualitas.

Kami “DENNY LATIEF & PARTNERS” memberikan perlindungan terhadap hak-hak Konsumen, dan perhatian khusus serta menganalisis terhadap klausula baku yang pada umumnya cenderung merugikan Konsumen. Kami juga memberikan perlindungan terhadap Konsumen dan menyelesaikan sengketa baik melalui musyawarah maupun melalui Gugatan  Peradilan.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Hubungi Kami
%d blogger menyukai ini: